Welcome To Yunita Anggraeni's Blog

Minggu, 24 November 2013

Hidup Sehat Bonus Berat Badan Turun dengan Food Combining

Hidup Sehat Bonus Berat Badan Turun dengan Food Combining

Eny Kartikawati - wolipop

img
Dok. Wolipop
Jakarta - Apakah Anda mudah terserang flu atau maag? Percaya atau tidak dengan memperbaiki pola makan, salah satunya dengan metode food combining, hidup Anda bisa jadi lebih sehat. Menyenangkannya, ada bonus tubuh lebih langsing.

Pakar food combining Erikar Lebang sudah merasakan sendiri manfaat dari pola makan sehat yang dijalaninya itu. Seperti ditulisnya dalam buku 'Mitos dan Fakta Kesehatan', sudah lebih dari satu dekade Erikar membebaskan hidupnya dari obat farmasi.

Pria yang kerap menuliskan tweet dengan hashtag #kibulansehat itu pun kemudian membagi pengetahuannya tersebut di Twitter. Dia memberi informasi apa manfaat food combining dan bagaimana cara melakukannya. Follower yang mengikuti jejak Erikar mencoba food combining merasakan dampak positif.

"Yang mau langsing kaget ternyata jadi nggak pernah sakit," tuturnya saat ditemui wolipop di Tebet Green Mall, Jl. MT Haryaono, Jakarta Selatan belum lama ini.

Tertarik mencoba? Sebaiknya Anda tidak terlalu berharap bisa langsing dengan cepat jika ingin food combining. Food combining konsep langsingnya tidak sedrastis diet kalori, diet mendadak lainnya. Tapi begitu turun, konsisten," jelas Erikar.

Dalam bukunya suami penyanyi Nina Tamam itu juga menulis: "Berat badan menjadi stabil dan ideal karena tubuh yang sehat akan selalu konsisten memelihara massa otot dan cadangan lemak dalam level normal."

Sebelum mencobanya, Anda perlu memahami dulu apa itu food combining. Food combining adalah pengaturan makanan yang disesuaikan dengan sistem pencernaan alamiah tubuh. Tujuan utama dari pola makan ini adalah membuat tubuh berada di PH darah yang netral antara asam-basa.

Idealnya tubuh manusia memiliki PH antara 7,35 - 7,45. Pada PH tersebut tubuh berada pada kondisi ideal sehingga semua fungsi tubuh bisa berjalan sempurna. Sayangnya pola makan sebagian besar orang di zaman sekarang ini umumnya membuat tubuh bergerak ke arad asam (acid).

"Ini menyebabkan sistem berjalan tidak sempurna, organ mudah rusak, tubuh bagaikan magnet untuk penyakit. Kondisi seperti itu membuat daya tahan tubuh sangat rentan," jelas Erikar yang tertarik menjalani food combining setelah merasa ada yang salah dengan kondisi tubuhnya puluhan tahun lalu.

Umumnya ketika tubuh rentan sakit, dia akan mengeluarkan sinyal sakit tersebut. Orang pun kemudian memilih minum obat atau ke dokter. Biasanya manfaat obat hanya bertahan untuk sesaat. Suatu waktu rasa migrain, pusing atau penyakit apapun bisa datang kembali dengan mudah.

Lantas bagaimana caranya agar PH tubuh selalu berada dalam posisi netral? "Dengan mengonsumsi makanan pembentuk basa (buah dan sayuran), PH akan bergerak sendiri ke netral," jawab Erikar.

Salah satu upaya untuk menjaga PH darah selalu berada dalam posisi netral ini adalah dengan menjalani pola makan food combining. Hal itu karena food combining selalu memperhatikan asupan makanan tidak hanya dari nilai gizinya tapi juga hal yang lebih substansial. Pola makan tersebut juga mengusahakan tubuh untuk menerima dan menyerap dengan baik kandungan gizi yang ada dalam satu unsur makanan.

Ikuti terus liputan khusus wolipop untuk mengetahui bagaimana sebenarnya aturan makan dalam food combining.
Sumber: http://wolipop.detik.com/read/2012/10/12/123259/2061077/849/hidup-sehat-bonus-berat-badan-turun-dengan-food-combining

0 komentar:

Posting Komentar

 

Beautiful Indonesia Template by Ipietoon Cute Blog Design